Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Dan Lambat

cara memperbaiki leptop lemot

Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot dan Lambat –  setelah mengetahui faktor penyebab terjadinya lemot pada laptop kamu, kami akan menunjukan bagaimana cara mengatasi laptop lemot kamu tersebut. Mengetahui penyebab lemotnya laptop kamu dapat meringankan biaya perawatan pada laptop kamu.

Lemotnya pada laptop membuat aktivitas kita menjadi terganggu seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya, kesal, jengkel dan perasaan yang ada dalam benakmu.

Jadi sebelum kamu memutuskan membuang laptop kamu ketempat sampat sebaiknya kamu berikan kepada saya, hhhe, tidak. Saya akan jelaskan bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot, mulai dari antivirus, penambahan ram dan lainnn sebagainya.

baca sebelumnya : Faktor Penyebab Laptop yang Lemot

Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Dan Lambat

Sebelum kamu membaca cara mengatasi laptop lemot kamu, ada baiknya kamu membaca penyebabnya terlebih dahulu agar kamu mengetahui alasan kenapa harus memperbaiki laptop kamu itu.

1. Memperbesar Kapasitas RAM

Pada dasarnya laptop yang memiliki RAM kecil jangan kamu gunakan untuk membuka program corel draw, karena penyimpanan pada RAM yang sifatnya sementara tidak akan mampu menjalankan file tersebut, tahukah kondisi yang akan terjadi pada laptop kamu?, jika kamu terus memaksakan menjalankan program tersebut biasanya mulainya lemot pada laptop kamu kemudian program akan secara otomatis keluar sendiri. Lalu solusinya adalah upgrade RAM kamu menjadi lebih layak, kenapa saya sebut layak? saya menyebutkan kata tersebut karena harus sesuai dengan kebutuhan kamu, rata – rata layaknya RAM secara optimal adalah sebesar 2GB,  jika laptop kamu memiliki kapasitas RAM 1 GB upgradelah RAM kamu kemudian pilih RAM sesuai DDR yang di pakai pada laptop kamu, sangat mudah sekali untuk mengganti RAM tersebut.

2. Hindari Multitasking Pada Laptop

Hasil pekerjaan yang diburu-buru memaksakan kamu untuk membuka program secara bersamaan, tentunya ini adalah cara salah yang kamu gunakan sebaiknya bukalah program satu persatu agar program kamu tidak mengalami not responding atau pada dasarnya lemot. Lihat spesifikasi laptop kamu sesuaikan dengan kebutuhan dari program-program yang ada pada laptop

3. Memasang Anti Virus

Virus pada laptop sangatlah mengganggu sitstem kamu, virus yang yang tidak terdeteksi akan menyebar ke sistem secara permanen solusinya adalah untuk memasang antivirus terpercaya dan handal, pilihlah antivirus yang mampu menyerang malware pada sistem, kemudian antivirus sendiri harus secara berkala untuk di update karena virus atau malware sendiri mengupdate dirinya secara otomatis.

baca disini : 3 program antivirus untuk komputer dan handphone

4. Program Berat Jangan Di Jalankan

Corel Draw adalah salah satu program yang berat untuk di jalankan, teman saya memberikan saran kepada saya, beliau adalah seorang arsitektur,  RAM yang beliau gunakan untuk standar desain pekerjaanya tersebut adalah sebesar 8GB, kemudian core yang beliau gunakan Intel Core i7, tentu layaknya spesifikasi pada laptop menyesuaikan dari penggunaan kamu. Jika kamu hanya seorang mahasiswa instal lah program standar di laptop kamu, seperti Ms. Office, Antivirus,dan lain sebagainya.

5. Disable Program Starup

Saat laptop kamu baru di buka program pada starup akan berjalan bersamaan pada laptop kamu, kamu tidak tahu mengapa hal tersebut bisa terjadi, opsi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mendisable program starup.

untuk menonaktifkan program starup agar laptop tidak lemot, ikuti langkah saya;

a. Tekan Tombol Windows+R secara bersamaan, ketikan msconfig pada textbox, klik OK, sehingga akan muncul seperti dibawah ini;

mengatasi starup agar laptop tidak lemot

b. Langkah selanjutnya akan muncul box dialog seperti biwah ini, pilih tab starup kemudian pilih apa saja yang akan kamu disable;

mengatasi starup agar laptop tidak lemot 2

Catatan: Disable yang merupakan software – software yang tidak perlu, misalnya Avast.

6. Buang Program Yang Tidak Terpakai

Trojan adalah salah satu malware yang menginstal aplikasi secara otomatis setiap kamu melakukan koneksi ke internet padahal kamu tidak menghendaki hal demikian, mahasiswa IT harus menginstal berbagai program untuk kebutuhan programmingnya, cara terbaik dalam mengatasi hal ini adalah dengan memasang antivirus pada laptop kamu, dan membuang (uninstall) program yang sudah tidak terpasang pada laptop kamu. Jika pada komputer anda terdapat banyak program, pilih program apa saja yang akan kamu unistall;

a. Klik tombol Start pada TaskBar, kemudian pilih Control Panel.

penyebab laptop yang lemot karena program terlalu banyak1

b. Kemudian pilih Program, Unistall Program;

penyebab laptop yang lemot karena program terlalu banyak

c. Pilih lah program yang memiliki kapasitas Memory besar atau program yang tidak terlalu sering anda gunakan;

penyebab laptop yang lemot karena program terlalu banyak2

catatan: Jangan menguninstall program milik Microsoftt Corperoration ataupun yang berlabel Microsoft, karena program tersebut pagian dari sistem.

7. Hapus File Temporary Secara Berkala

File temporary biasanya berupa file yang tersimpan di recyclebin, file cache history pada browser, extension yang sudah kamu uninstal. File sampah tersebut akan tetap tersimpan secara otomatis pada sistem cara mengatasi hal ini dengan menjalankan proses cleanup.

Proses cleanup pada sistem anda membutuhkan waktu berdasarkan banyaknya sampah pada sistem anda, karena proses pendeteksian program ini sangat mempengaruhi performa dari laptop kamu. Jangan gunakan aplikasi luar untuk proses cleanup karena sama saja kamu menambahkan program yang tidak perlu, karena pada Sistem Operasi Windows sendiri telah menyediakan cleanup pada programnya.

a. Pilih Windows Explorer, kemudian pilih disk C; karena file sistem tersimpan didalamnya, lalu klik kanan pilih properties;

penyebab laptop yang lemot menggunakan cara disk cleanup di windows 7

b. Tunggulah beberapa saat agar cleanup mendeteksi temporary di sistem kamu;

penyebab laptop yang lemot menggunakan cara disk cleanup di windows 7_2

c. Selanjutnya pilih semua radio button yang terdapat di dalam files to delete;

penyebab laptop yang lemot menggunakan cara disk cleanup di windows 7_3

d. Kemudian pilih OK, sebagai anda meyetujui untuk membersihkan file temporary tersebut.

8. Membersihkan Hardware secara Berkala

Debu pada software akan menyumbat raung pengeluaran udara dan menggaggu dari pada hardware pada laptop, hal terbaik bersihkanlah menggunakan sikat secara hati-hati, kemudian bongkar heatsink pada laptop kamu, jika terdapat debu yang menumpuk sebaiknya bersihkan dari debu, jangan gunakan air untuk membersihkan hardware kamu jika tidak menginginkan terjadinya konsleting, gunakan lap atau kuas yang kering untuk mengusap debu pada permukaan hardware kamu.

penyebab laptop yang lemot dengan membersihkan heatsink di windows 1

9. Lakukan Defrag Pada Laptop atau Komputer

Diartikel sebelumnya tentang mengetahui faktor penyebab lemot pada laptop sudah kami bahas mengenai fungsi dari file yang tersimpan pada sistem, hal ini bagian terpenting proses defrag pada hardisk akan menata file – file yang tersimpan secara otomatis. pecahan extension pada file akan disatukan berdasarkan jenis program yang di instal. Saya ingatkan kembali windows menyediakan berbagai tools untuk menunjang sistem miliknya sendiri, tidak perlu kamu menambahkan program defrag dari luar untuk menjalankan langkah ini. Lakukan langkah ini;

a. Untuk mendefrag file kamu, pilih Star >> All Programs >> Accessoris >> System tools >>kemudian pilih Disk Defragmenter;

b. Selanjutnya pilih disk yang akan di defrag, disini saya memilih disk C: setelah itu kamu dapat menekan tombol Defragment Disk.

Baca juga:

Notebook, alternatif terbaik bagi kita yang membutuhkan komputer dengan mobilitas tinggi, jika dibandingkan dengan laptop (yang ukurannya lebih besar, panjang diagonal sekitar 14 inci) notebook memang lebih minimalis, ukurannya relatif kecil dan beratnya jauh lebih ringan. Daripada laptop menjadi alasan utama kami (terutama saya) memilih notebook sebagai karya portabel “rekan”. (Baca juga: Perbedaan Laptop dan Notebook) Tetapi di balik semua kelebihan (ukuran, berat, dan sebagainya), spesifikasi yang minimalis, terkadang menjadi kekurangan, layar yang relatif kecil (panjang diagonal sekitar 10 inci), RAM umumnya hanya satu slot, dan sebagainya. (Baca juga: Kapasitas RAM terbesar saat ini, menyebabkan kerusakan pada RAM pada laptop) Itulah yang membuat kinerja notebook kehilangan tanah longsor jika dibandingkan dengan laptop (dengan spesifikasi yang sama, seperti sistem operasi dan aplikasi yang sama), notebook relatif lebih lambat / lambat, tetapi DOlOnite memiliki beberapa tips untuk meningkatkan kinerja notebook jadi Bahwa dapat diundang untuk “mempercepat” dalam bekerja (tergantung pada pekerjaan juga …), mengikuti ulasan: (Baca juga: Cara Meningkatkan Kinerja Laptop Lambat, Fungsi Sistem Operasi) Cara Menangani Notebook Lambat 1. Lakukan perawatan sistem operasi atau (jika perlu) instal ulang sistem operasi Gunakan aplikasi utilitas seperti TuneUp Utilities (sekarang AVG PC TuneUp) atau CCleaner untuk merawat sistem operasi (Windows) yang Anda gunakan dengan membersihkan file yang tidak diperlukan (dari Recycle Bin, dari browser web, dll.), Bersihkan dan memperbaiki registri yang rusak, periksa kemungkinan sektor buruk pada partisi hard disk drive, dan banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh aplikasi utilitas. (Baca juga: Memahami Perangkat Lunak, Sejarah Microsoft Windows) 2. Pilih sistem operasi yang ringan Jika Anda adalah pengguna notebook yang ingin selalu menggunakan sistem operasi yang diperbarui, cobalah untuk menghubungkan kembali untuk menggunakan sistem operasi cahaya, mengingat spesifikasi notebook memang membuat cukup minimalis (prosesor intel atom dengan jam yang tidak lebih dari 2GHz, RAM Satu slot tanpa kapasitas lebih dari 2GB) Pertimbangkan untuk menggunakan sistem operasi Windows 8, Windows 7, atau bahkan Windows XP (saya tidak menyarankan Windows Vista). (Baca juga: fungsi registri pada Windows, Keuntungan dan Kerugian dari Microsoft Windows) Atau jika Anda ingin yang lebih ringan, Anda dapat mencoba Linux System System Distro Lubuntu, yang saat ini saya gunakan, Lubuntu dikenal dengan beban ringannya, Linux Distro Ubuntu yang berbasis di LXUNTU tetapi dengan LXDE Lingkungan Desktop, awalan “L” di Lubuntu It adalah nama Lingkungan Desktop (LXDE) tetapi pengembang Lubuntu mengklaim bahwa awalan “L” di Lubuntu adalah singkatan dari “Ringan” (Ringan), dan itu benar, selain sistem operasi yang diingat, Aplikasi yang diinstal adalah aplikasi yang ringan, tetapi konsekuensi dari fitur yang sangat minimalis. (Juga Baca: Keunggulan dan Kerugian Linux, Contoh Sistem dan Penjelasan Operasi Komputer) 3. Kurangi program startup secara otomatis Ketika komputer notebook dihidupkan dan Anda telah masuk ke sistem operasi (misalnya Windows), pada saat yang sama beberapa aplikasi dan / atau plugin (add-in / fitur tambahan / tambahan) dari aplikasi aktif secara otomatis, ini tentu saja sangat merugikan Anda memprioritaskan kecepatan (kecepatan pemuatan) dari sistem operasi yang Anda gunakan. (Baca juga: Cara mempercepat startup komputer, komputer sering restart) Oleh karena itu, untuk meningkatkan kecepatan notebook Anda terutama kecepatan ketika sistem operasi memulai (mulai menyala), Anda benar-benar perlu mengatur program apa yang Anda izinkan untuk memulai otomatis dan mana yang tidak. Bagaimana, Anda dapat menggunakan aplikasi utilitas gratis favorit saya, CCleaner, setelah Anda mengunduh aplikasi CCleaner, instal kemudian buka, Anda dapat secara otomatis mengontrol aplikasi startup di menu Alat-> Startup, pada fitur ini CCLEANER TOPED aplikasi Startup menjadi 3 Grup atau tab, yaitu Windows, tugas terjadwal dan menu konteks. (Baca juga: Cara Mengatasi Layar Biru Windows 7, Penyebab Layar Biru) Daftar aplikasi pada tab Windows adalah aplikasi yang memulai startup ketika Windows Startup, inilah fokus utama kami, matikan aplikasi yang tidak atau tidak kita butuhkan untuk memulai. (Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Windows 10 Pro Final, perangkat lunak untuk melacak lokasi ponsel Lokasi) Daftar aplikasi pada tab Tasks yang dijadwalkan adalah aplikasi startup otomatis pada jadwal tertentu, misalnya fitur pemindaian otomatis dari antivirus, ini juga cukup berpengaruh pada kecepatan sistem operasi. (Baca juga: definisi trojan, karakteristik browser mendapatkan virus) Daftar Aplikasi pada tab Menu Konteks adalah aplikasi yang dapat kami akses saat klik kanan, misalnya WinRAR (jika Anda menginstal aplikasi WinRAR), dan tentu saja semakin banyak aplikasi startup otomatis dalam grup ini juga sedikit memengaruhi kecepatan notebook Anda. (Baca juga: virus komputer paling mematikan di dunia) 4. Gunakan aplikasi ringan Ubah beberapa aplikasi terbaru yang memerlukan sumber daya besar dengan versi sebelumnya yang lebih “menyimpan” sumber daya tetapi masih berguna, misalnya mengganti Adobe Photoshop CS6 Anda dengan Adobe Photoshop CS3, ganti CorelDraw X7 Anda dengan CorelDraw X3 dan sebagainya. (Baca juga: Manfaat komputer di dalam bidang industri, pemahaman perangkat lunak sesuai dengan para ahli) Hindari menginstal aplikasi dengan persyaratan sistem minimum yang biasa-biasa saja dengan spesifikasi notebook, misalnya Anda menginstal aplikasi dengan persyaratan sistem minimum 2GB RAM pada notebook Anda yang memiliki RAM 2GB, memang memenuhi syarat tetapi tentu saja itu adalah persyaratan minimum yang sangat biasa-biasa saja. (Juga Baca: Penyebab RAM PC Full, Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis) 5. Defrag partisi hard disk drive Defragment pada partisi hard disk drive, terutama partisi sistem (mis. Drive C: untuk Windows) akan membantu meningkatkan kinerja kecepatan notebook dengan catatan tidak ada masalah (misalnya sektor buruk) pada hard disk drive, defrag berarti Mengatur ulang “file digital pada partisi sehingga diakses dengan sistem operasi lebih cepat. (Baca juga: Fungsi Defragment, Disk Defragmenter) 6. Tingkatkan RAM. Kapasitas RAM melakukan pengaruh besar pada kecepatan komputer (tidak hanya notebook), peningkatan kapasitas RAM dapat berupa solusi untuk meningkatkan kecepatan notebook, slot RAM pada notebook umumnya hanya satu sehingga kami tidak dapat meningkatkan kapasitas RAM Dengan menambahkan RAM baru yang identik, tetapi harus menggantikan RAM lama dengan yang baru, misalnya notebook Anda memiliki RAM dengan kapasitas 1GB, Anda dapat menggantinya dengan jenis yang sama tetapi kapasitas lebih besar (misalnya 2GB). (Baca juga: Perbedaan dalam RAM dan ROM, Cara Membedakan RAM DDR 1, DDR 2, DDR 3) Perlu diingat bahwa pada umumnya notebook menggunakan arsitektur prosesor 32-bit, sehingga kapasitas maksimum RAM yang digunakan adalah 3GB, tetapi sayangnya tidak ada RAM dengan kapasitas 3GB, yaitu 4GB, karena keterbatasan kapasitas maksimum yang dapat digunakan oleh notebook, RAM 4GB biasanya tidak terdeteksi oleh notebook (tetapi tidak semua, tergantung pada prosesor dan mungkin chipset digunakan), jika Anda memiliki pemutakhiran upgradeam dengan RAM di atas 2GB (misalnya 4GB), saya sarankan Anda membeli RAM Toko komputer konvensional (bukan toko online) sehingga Anda dapat mencobanya terlebih dahulu. (Baca juga: Berbagai chipset motherboard, tips untuk membeli kapasitas RAM yang sesuai dengan kebutuhan Anda) 7. Pasang kembali hard disk drive dengan yang baru Hard disk lama pada notebook Anda mungkin sudah mulai “disewa”, kecepatan transfer telah mulai menurun, mungkin banyak sektor buruk. Mengganti hard disk drive (jika mekar) akan sangat meningkatkan kecepatan notebook Anda, selain mengganti hard disk drive juga akan mengharuskan Anda untuk menginstal ulang sistem operasi (kecuali Anda menggunakan teknik hantu), drive hard disk baru, yang baru Sistem operasi tentu saja merupakan notebook kinerja (kecepatan) akan meningkat dari sebelumnya. (Juga membaca: jenis hard disk, penyebab hard drive eksternal yang tidak dapat dibaca) 8. Instal driver terbaru Driver berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja perangkat keras sehingga dapat dikenali dan dikendalikan sesuai dengan fungsinya oleh sistem operasi, semakin baik “hubungan” antara sistem operasi dan perangkat keras itu juga akan semakin baik kinerja keduanya, masuk akal Baik? Berbeda dengan aplikasi (saya sarankan) untuk menggunakan versi sebelumnya, persyaratan sistem minimum rendah, untuk driver yang sangat saya sarankan menggunakan driver terbaru, unduh dari situs resmi atau gunakan aplikasi “Driver Scanner” atau “Driver Manager” seperti Genius aplikasi driver. (Baca juga: Penyebab printer offline, jenis dan fungsi pemindai) Banyak tips untuk berurusan dengan notebook (atau komputer secara umum) yang lambat / lambat, mulai dari solusi menggunakan perangkat lunak ke penggantian perangkat keras (beberapa mungkin sama dengan yang kami diskusikan), tetapi Anda harus mengamati apa masalah utama Itu menyebabkan notebook Anda lambat, baik perangkat lunak (atau sistem operasi) bahwa persyaratan sistem terlalu tinggi (atau biasa-biasa saja), atau memang satu (atau beberapa) perangkat keras yang telah dimulai “disewa” dan harus diganti dengan yang baru, Pertimbangkan dengan cermat sebelum membuat keputusan pembelian perangkat keras untuk mengurangi biaya yang tidak perlu. Laptop, yang tidak tahu perangkat keras yang satu ini? Ya, perkembangan teknologi dan juga kebutuhan manusia untuk komputer telah berhasil membuat komputer tipe PC untuk menyusut dan juga mudah dibawa dalam bentuk laptop. Laptop saat ini telah banyak digunakan oleh banyak orang, dan bukan lebih banyak barang mewah, mengingat kebutuhan manusia untuk teknologi semakin besar. Laptop sekarang semakin bervariasi mulai dari merek standar hingga merek premium, dengan harga dan juga spesifikasi “WOW”. Namun, seiring waktu, laptop terkadang mengalami masalah dalam bentuk lambat atau lama dalam memproses apa pun yang dilakukan oleh pengguna, sangat lambat dan kadang-kadang membuat pengguna merasa terganggu dan juga frustasi karena laptopnya lambat. Lalu bagaimana Anda membuat laptop tidak lambat? Berikut ini adalah beberapa cara laptop tidak lambat, yang dibagi menjadi dua fase, yaitu: Fase pertama, laptop berusia <3 tahun Laptop yang berusia di bawah 3 tahun masih diklasifikasikan sebagai laptop dengan seri terbaru, di mana fitur dan spesifikasi yang mereka miliki juga cenderung uptodate. Tetapi kadang-kadang beberapa hal membuat laptop menjadi lambat, selain faktor spesies default pabrik. Berikut ini adalah bagaimana menangani laptop sehingga tidak melambat: 1. Hapus instalasi aplikasi yang tidak digunakan Salah satu hal yang menyebabkan laptop di bawah 3 tahun menjadi lambat adalah karena terlalu banyak aplikasi diinstal, sehingga drive C pada laptop menjadi penuh dan membuat sistem terlalu lama dalam membaca hard disk. Ini juga akan menyebabkan pembacaan data yang ada di hard disk membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. Cara paling efektif adalah mengambil tindakan instalasi terhadap aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan. Biasanya aplikasi yang tidak perlu ini secara tidak sengaja dipasang ketika dingin untuk berselancar dan juga mengunduh konten dari situs web tertentu yang ternyata tidak diketahui sebagai gantinya menginstal program yang tidak diperlukan. 2. Bersihkan desktop Jumlah aplikasi yang ditempatkan pada desktop juga merupakan salah satu penyebab laptop lambat. Jika Anda memiliki laptop dengan kapasitas memori yang besar maka ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi kadang-kadang jika ada terlalu banyak aplikasi di desktop dapat menyebabkan laptop terlalu lama dalam menanggapi apa yang dilakukan pengguna. 3. Gunakan aplikasi sesuai kebutuhan Penggunaan RAM yang berlebihan juga merupakan salah satu penyebab laptop lambat. Biasanya ini terjadi ketika pengguna membuka terlalu banyak aplikasi berat dalam satu menjalankan, seperti bermain game saat memutar daftar putar musik. Ini tentu saja akan menyebabkan laptop menjadi lambat. Oleh karena itu, lakukan pembersihan RAM komputer dengan menutup aplikasi atau dengan menggunakan Task Manager. 4. Hapus aplikasi saat startup Startup adalah waktu ketika laptop mulai beroperasi. Biasanya ketika melakukan startup, aplikasi yang akan berjalan adalah aplikasi penting, seperti antivirus. Cobalah tidak terlalu banyak aplikasi yang masuk ke startup, karena ini akan menyebabkan aplikasi berfungsi di latar belakang, yang akan memakan kapasitas RAM. 5. Gunakan aplikasi sesuai dengan memori Pengguna tentu harus mengetahui spesifikasi laptop. Dan pengguna juga harus menginstal aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop. Ketika menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi pada laptop, maka jangan heran jika laptop akan lambat, meskipun itu hanya akan terjadi. 6. Rajin pemindaian virus Virus pemindaian juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dan wajib dilakukan oleh pengguna. Karena beberapa virus dapat menyebabkan memori RAM untuk mendapatkan lebih sempit, sehingga memicu laptop menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, penggunaan antivirus sangat penting untuk membantu menjaga kinerja laptop. Fase kedua, laptop sudah> 3 tahun Laptop yang memiliki lebih dari 3 tahun akan mengalami penurunan kinerja. Ini cukup masuk akal, terutama jika laptop sering digunakan untuk berbagai keperluan. Nah, untuk membantu mencegah laptop tidak lambat terutama untuk laptop yang berusia lebih dari 3 tahun, maka di sini ada beberapa cara yang dapat diambil: 7. Penambahan kapasitas RAM Cara ampuh untuk mengobati penyakit lambat pada laptop adalah menambah kapasitas RAM. Kapasitas RAM komputer yang lebih besar, berarti akan meningkatkan proses pembacaan prosesor. Ini akan membantu meringankan pekerjaan laptop, sehingga dapat mengurangi gejala lambat pada laptop. Tetapi perlu untuk memperhatikan secara khusus, spesifikasi dan juga kapasitas maksimum RAM yang dapat diterapkan pada laptop. 8. Membersihkan drive C dan hapus instalasi aplikasi besar Drive pembersih C juga penting, dan memproses proses penghapusan dari program dan juga aplikasi yang membebani laptop. Seiring dengan usia, kinerja laptop akan berkurang, sehingga pembersihan dibutuhkan dari aplikasi berat dan makan kapasitas memori besar. 9. Bersihkan bagian dalam laptop Membersihkan bagian dalam laptop juga perlu dilakukan. Selama lebih dari 3 tahun, laptop dapat mengakui berbagai jenis debu dan bahan halus lainnya, yang dapat menyebabkan laptop menjadi panas cepat dan akhirnya menjadi lambat. Oleh karena itu, pembersihan diperlukan untuk dilakukan pada laptop, sehingga setidaknya mengurangi gejala lambat. 10. Gunakan pasta termal Pasta termal adalah pasta yang diterapkan pada prosesor, yang digunakan untuk membantu mendinginkan prosesor dan menjaga suhu prosesor agar tidak memanaskannya dengan cepat. Aplikasi pasta termal ini dapat membantu prosesor agar suhu tidak terlalu panas, yang dapat menyebabkan munculnya gejala laptop yang lambat. 11. Gunakan pendingin netbook Jangan gunakan penggunaan pendingin netbook. Penggunaan kipas tambahan ini memiliki manfaat luar biasa untuk menjaga suhu laptop sehingga tidak terlalu panas. Kuil suhu panas berarti meningkatkan peluang laptop menjadi lambat. Itu adalah beberapa cara agar laptop tidak melambat. Semoga artikel tentang cara membuat laptop ini tidak lambat dapat menambah wawasan Anda dan juga menguntungkan Anda semua. Terima kasih.

Untuk melakukan proses perawatan pada komputer atau laptop kamu lakukanlah secara berkala, jangan kamu lakukan proses ini setiap hari karena hanya akan menghabiskan kegiatan kamu pada proses perawatan. Terima kasih telah membaca Cara mengatasi laptop kamu yang lemot dan lambat jika kamu belum mengetahui penyebab laptop kamu yang lemot kamu bisa membaca membaca Tips mengetahui Faktor Penyebab Laptop Yang Lemot.

Wanita yang hobi menulis dan juga sekarang memiliki konten youtube ASMR kalian bisa kunjungi aku disini

You May Also Like

error: Content is protected !!