Cara Cek BPJS Kesehatan Secara Online Lebih Mudah

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Internet

Cara Cek BPJS Kesehatan Secara Online Lebih Mudah – Mau tahu bagaimana sih cara cek bpjs yang kita punya ? berapa sih saldo yang terdapat di bpjs ? bagaimana cek tagihan pembayaran atau iuran bpjs ? sudah masuk atau belum ? Mau tahu berapa saldo bpjs kesehatan yang kita punya ? Nah pertanyaan yang sering diajukan tersebut membuat kami tergerak untuk membantu saudara pemilik bpjs karena sulitnya waktu untuk mengecek bpjs kesehatan di kantor ketenagakerjaan, sekarang ini anda lebih mudah mengecek jumlah saldo, pembayaran tagihan yang sudah disetorkan yaitu lewat online di hp android yang anda miliki, ataupun sekarang ini anda bisa mengecek BPJS melalui atm yang telah tersedia, selain itu kita juga bisa mengecek bpjs melalui sms pada nomor hp yang telah di daftarkan.

Penting bpjs kesehatan dan ketenagakerjaan yang mana diatur sesuai dengan UU Ketenagakerjaan bahwa semua pegawai pekerja harus dilindungi dari berbagai resiko seperti jaminan kesehatan, jaminan hari tua. Selain itu bpjs juga dapat digunakan untuk persayaratan pengajuan kesehatan dengan menggunakan bpjs di rumah sakit ketika kita mengalami sakit. Hal tersebut meringankan kita dalam pembayaran rumah sakit. Untuk itu sebagai pekerja yang mendapatkan upah ataupun perusahaan yang membayarkan upah harus mengerti akan hak dan kewajiban yang terdapat pada BPJS.

Bagaimana BPJS Kesehatan Dapat Digunakan ?

Sama halnya dengan asuransi kesehatan, BPJS ketenagakerjaan atau kesehatan ini dapat befungsi dengan menyesuaikan pembayaran yang dibayarkan oleh pekerja yang nantinya akan dikelola sebagai bentuk investasi kesehatan. Hasil investasi ini akan dikembalikan lagi kepada peerja apabila pekerja mengalami kecelakaan terkait dengan dirinya. BPJS kesehatan juga berfungsi sebagai jaminan hari tua dimana program JHT ini akan dibayarkan langsung oleh perusahaan yang mempekerjakan pekerja dengan memotong upah penghasilan setiap bulannya sebesar 3,7% yang ditanggung oleh PT atau perusahaan dan 2% di tanggung oleh pekerja. Jadi total besarnya adalah 5.7% yang sewaktu – waktu bisa anda cairkan, adapun untuk mencairkan dana BPJS anda harus datang langsung ke kantor ketenagakerjaan.

Sebagai pemilik BPJS kesehatan tentu harus mengetahui kewajiban dan haknya dalam mendapatkan informasi saldo bpjs yang dimilikinya dan jumlah setoran yang harus dibayarkannya. Namun masih ada yang tidak tahu bahwa bpjs bisa mengecek melalui beberapa cara yaitu lewat internet atau secara online dan juga bisa melalaui sms, dan juga bisa dicek melalui ATM yang telah disediakan. Sekarang ini BPJS kesehatan bisa dicek menggunakan aplikasi android yang bisa anda unduh melalui playstore.

cek bpjs kesehatan penerima upah

Cara Cek Saldo BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Lebih Mudah

Pentingnya informasi ini terkait dengan mengecek saldo bpjs milik pekerja akan kami jelaskan dan jabarkan secara detail mulai dari mengecek saldo bpjs secara manual di kantor ketenagakerjaan, mengecek saldo menggunakan aplikasi BPJS di android, mengecek saldo dengan SMS dan lewat internet.

Cara Datang Ke Kantor BPJS

Cara Cek Saldo BPJS Lewat Kantor Ketenagakerjaan

Cara mengecek nominal BJS yang dimiliki oleh pekerja dengan datang langsung ke kantor BPJS ini yang paling sering dilakukan sebelum bisa diakses melalui digitalisasi, yaitu anda mendatangi langsu ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat di wilayah anda. Dan anda akan menemui petugas dan diminta foto copy BPJS yang anda miliki, cara cek lewat kantor ini tidak perlu anda lakukan lagi karena sekarang telah ada berbagai digitalisasi opsional yang bisa anda gunakan misalnya dengan aplikasi, sms, atau melalui ATM.

Cara Bayar Iuran BPJS di Atm

Cara Cek Saldo BPJS Lewat ATM BNI

Cara ini khusus dapat dilakukan bagi pengguna Bank BNI, yaitu dengan cara memasukan kartu ATM BNI, karena bank BNI telah bekerja sama dengan pihak BPJS terkait dengan pelayanan yang lebih mudah sehingga dapat dicek kapanpun. Namun, anda tidak bisa mengambil saldo tersebut sebelum batas waktu yang ditentukan, kecuali anda datang langsung ke kantor BPJS di wilayah anda untuk pengajuan pencaiaran dana BPJS. Selanjutnya jika anda ingin mengetahui langkah mengecek saldo bpjs anda bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Masukan kartu ATM BNI dan masukan juga pin atau sandi.
  2. Masuklah kehalaman Transaksi, dan pilih opsi Informasi dan Mutasi.
  3. Berikutnya anda pilih Info Saldo JHT.
  4. Masukan nomor BPJS yang tertera pada buku BPJS anda.
  5. Maka pada layar anda akan mendapati jumlah saldo BPJS hingga saat ini.
Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Internet

Cara Cek Saldo BPJS Lewat Aplikasi BPJS TKU

Untuk anda yang memiliki perangkat android sekarang jauh lebih mudah dalam mengecek saldo BPJS karena anda bisa mendownload aplikasi BPJS TKU untuk mengecek saldo, tagihan pembayaran dan sebagainya, melalui link ini https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile

  • Silahkan anda download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan pada link resmi tersebut klik tombol download maka anda akan di alihkan ke plastore
  • Selanjutnya install aplikasi BPJS Ketenagakerjaan tersebut
  • Silahkan anda daftar ke alamat https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/mobile
  • Selanjutnya masukan alamat email yang telah di daftarkan dan PIN BJS yang telah anda daftarkan.

Jika anda memiliki akun jamsostek anda dapat menggunakan akun tersebut pada aplikasi BPJS TKU seperti cara diatas.

Cara Cek Saldo BPJS Lewat SMS di Hp

Sebelum anda bisa mengecek saldo bpjs anda harus memiliki ID yaitu dengan cara mendaftarkan nomor BPJS silahkan anda ketik sms berikut ini : DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta lalu kirimkan ke 2757 sebagai contoh saya akan memberikannya kepada anda contoh : DAFTAR SALDO#1234567890123456#PONSELHARIAN#01-01-1945#987654321 kirim 2757 dan anda akan menerima sms dan juga berupa ID : “Terima Kasih Telah Mendaftar Dan No ID Anda 987654321”

  • Silahkan anda untuk mendaftar seperti diatas, berikutnya anda tinggal ketikan : SALDO(SPASI)NOMOR PESERTA dan kirim ke 2757 contoh: SALDO 987654321 KIRIM 2757
  • Tunggulah hingga anda mendapatkan sms mengenai saldo JHT milik anda
  • Jika anda ingin mengganti nomor hp silahkan anda ketik berikut ini : DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)HP#Nomor Handphone lama#Nomor KTP dan kirimkan ke 2757
  • Jika anda menginginkan untuk mengganti PIN BPJS ketik : DAFTAR(spasi)GANTI(spasi)#Pin lama#Pin baru kirim ke 2757

Cara Cek Saldo BPJS Secara Online Lewat Situs BPJS

Nah untuk anda yang ingin mengecek saldo bpjs melalui web resmi BPJS pada halaman www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bisa langsung masuk ke es.bpjsketenagakerjaan.go.id/tenagakerja pastikan anda terhubung dengan koneksi internet untuk langkahnya bisa anda ikuti di bawah ini.

  • Siapkan terlebih dahulu kartu BPJS milik anda dan kunjungi situs web resmi bpjs
  • Silahkan anda ikut User ID dan Password dan pilih Login, jika anda belum memiliki user ID silahkan untuk Registrasi terlebih dahulu
  • Saat mendaftar pilihlah jenis keanggotaan sebagai tenaga kerja dan isikan form sesuai dengan KTP secara lengkap dan benar
  • Pilih Setuju dikolom ketentuan
  • Silahkan klik Daftarkan atau Submit Data

Jika anda telah selesai mendaftar, bisa untuk mengecek alamat email untuk melakukan konformasi atau aktivasi menggunakan SMS dari nomor hp anda. Dan masukan kode aktivasi agar user ID dan Password dapat digunakan untuk mengecek saldo Ketenagakerjaan.

langkah selanjutnya ikuti proses ini :

  • Setelah anda berhasil login ke halaman BPJS akun anda, pilih menu Lihat Saldo JHT
  • Pilihlah KPJ BPJS Ketenagakerjaan dan pilih Submit, untuk jumlah saldo agar bisa muncul di layar
  • Jika anda telah mengetahuinya anda bisa kembali ke halaman Home untuk mendapatkan informasi lainnya seperti simulasi saldo, formulir pengajuan klaim saldo, dan informasi profil.

Baca juga:

Ketika Anda menjadi anggota BPJS Health, Anda pasti akan berkewajiban membayar sejumlah kontribusi setiap bulan. Nomor ini akan sangat tergantung pada jenis layanan yang digunakan. Untuk kontribusi keuangan BPJS terbaru adalah IDR 150.000 (Kelas 1), Rp 100.000 (Kelas 2), dan Rp25.500 (Kelas 3). Seperti kewajiban bulanan lainnya, Anda juga akan membutuhkan kenyamanan dalam memeriksa tagihan yang akan dibayar setiap bulan. Beberapa cara di bawah ini akan membantu Anda dalam memeriksa tagihan pembayaran. 1. Periksa melalui situs web resmi BPJS Ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang aktif menggunakan layanan Internet. Cukup masukkan situs web resmi BPJS, yaitu https://daftar.bpjs-kesesehatan.go.id/bpjs-checking/ dan periksa tagihan pembayaran dengan beberapa langkah di bawah ini: Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data yang terdiri dari nomor kartu Anda dan tanggal lahir sebagai pemegang kartu BPJS. Setelah mengisi dua kolom, Anda juga harus mengetikkan nomor validasi yang tercantum di sana. Kemudian klik “Periksa”. Rincian pembayaran Anda akan muncul di layar. Rincian ini termasuk pembayaran yang telah dibuat dan juga tagihan yang belum dibayar. 2. Periksa melalui gateway SMS Selain melalui koneksi Internet, pemerintah juga memudahkan peserta kesehatan BPJS untuk memeriksa tagihan melalui layanan SMS. Layanan gateway SMS ini pasti akan memudahkan Anda dan pengguna BPJS lainnya yang tidak atau jarang menggunakan layanan Internet dalam kehidupan sehari-hari mereka. Layanan ini dapat diakses dengan jaringan seluler di nomor 08777 5500 400. Berbagai informasi tentang kesehatan kesehatan BPJS yang Anda gunakan dapat diakses melalui angka, termasuk jumlah tagihan bulanan yang harus dibayar dan jumlah denda yang diberlakukan (jika Anda membuat paket pada bulan-bulan sebelumnya). Informasi tentang tagihan dapat diakses menggunakan salah satu data pribadi Anda, termasuk Nomor Master Populasi (NIK), Nomor Kartu Kesehatan BPJS (NOKA), atau nomor master karyawan yang dimiliki. Gunakan salah satu nomor data pribadi untuk mengetahui jumlah kontribusi bulanan BPJS, dengan format: Misalnya dengan nomor kartu kesehatan BPJS: Bill Nomor Kartu Kesehatan BPJS Contoh: Bill 0000123456789 Kirim ke 087775500400. 3. Periksa melalui aplikasi seluler JKN Unduh dan instal aplikasi seluler JKN dari ponsel melalui Google Play Store atau App Store. Daftar untuk membuat akun. Masukkan akun seluler JKN Anda. Pilih menu tagihan, lalu premium. Kemudian akan terdaftar untuk tagihan dan pembayaran kontribusi kesehatan BPJS. 4. Melalui saluran lain Untuk mendapatkan informasi tentang jumlah kontribusi kesehatan BPJS, itu juga dapat melalui pusat perawatan di nomor telepon 1500 400, layanan pelanggan seluler BPJS Ball (MCS), dan di Mal Layanan Publik (MPP) yang sudah ada di kota-kota besar. di Indonesia. Cara Membayar Kontribusi Kesehatan BPJS Kantor BPJS Kesehatan Buruh BPJS Office Health via Kompas.com Mirip dengan sistem yang diterapkan dalam memeriksa tagihan kontribusi BPJS, pemerintah juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat membayar kontribusi BPJS dengan mudah dan nyaman. Berbagai fasilitas pembayaran dimungkinkan sehingga orang lebih mudah dan lebih cepat dalam melakukan pembayaran untuk kontribusinya setiap bulan. Jika Anda menjadi pengguna layanan kesehatan BPJS, jangan khawatir tentang tempat pembayaran. Karena Anda dapat memilih salah satu dari beberapa pembayaran kontribusi BPJS di bawah ini. 1. Kantor Kesehatan BPJS Tempat ini akan sangat tepat bagi Anda yang memang berdomisili atau berbasis di sekitar area kantor kesehatan BPJS. Anda baru saja datang ke kantor dan melakukan pembayaran di penghitung pembayaran yang tersedia di sana. 2. ATM BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, BCA Selain kantor kesehatan BPJS, Anda juga dapat membuat kontribusi BPJS melalui BRI, BNI, BTN, BCA, atau ATM Bank Mandiri. Metode pembayaran akan jauh lebih mudah karena Anda tidak perlu mengantri, seperti membayar di konter di kantor BPJS. 3. Kantor Pos BPJS juga mempertimbangkan kenyamanan pengguna layanan kesehatan BPJS yang tinggal di daerah tersebut. Kerjasama yang dilakukan dengan PT Pos Indonesia tentu akan memudahkan orang-orang yang tinggal di pedesaan untuk dapat mengakses pembayaran kesehatan BPJS dengan mudah. 4. Indomaret dan Alfamart Saat ini pembayaran kesehatan BPJS juga dapat dilakukan melalui Indomaret dan Alfamart. Kedua minimarket ini sangat mudah ditemukan sehingga Anda tidak akan kesulitan lagi membayar kontribusi kesehatan BPJS setiap bulan. 5. Aplikasi JKN Anda dapat melakukan pembayaran dan mengakses berbagai informasi lain dengan aplikasi JKN. Semuanya lebih mudah, praktis, dan cepat dengan aplikasi BPJS kesehatan ponsel ini. 6. E-commerce Di era digital saat ini, pembayaran kesehatan BPJS dapat dilakukan secara online melalui e-commerce, seperti tokopedia dan bukalapak. Cukup instal dan buat akun di aplikasi e-commerce, ikuti langkah satu per satu dan selesaikan pembayaran. Jika pertama kali pelanggan harus langsung ke kantor kesehatan BPJS untuk mengetahui jumlah tagihan, itu berbeda dari saat ini. Ada banyak cara untuk memeriksa tagihan kesehatan BPJS yang dapat di-alovers memilih. BPJS adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Yang ditugaskan untuk mengatur asuransi kesehatan nasional untuk semua orang Indonesia. Terutama pegawai negeri sipil, penerima pensiun pegawai negeri dan TNI / POLRI, veteran, perintis kemerdekaan dan keluarga mereka dan entitas bisnis lainnya atau orang biasa. BPJS Health adalah penyelenggara program jaminan sosial di sektor kesehatan yang merupakan salah satu dari lima program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), yaitu asuransi kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, asuransi usia tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian Dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Tapi sekarang ada kenyamanan bagi Alovers yang ingin mengakses dan memeriksa tagihan online BPJS Health. Mulai dari menggunakan situs web resmi ke aplikasi seluler JKN. Ini tentu membuatnya mudah bagi Alovers tidak perlu datang ke kantor BPJS. Tetapi untuk memeriksa tagihan BPJS secara online, alovers harus mengetahui jumlah kesehatan BPJS. Periksa Bill Kesehatan BPJS Cara Memeriksa Bill Kesehatan BPJS dan Nomor BPJS Butuh aloul tahu bahwa nomor BPJS yang tercantum pada kartu sebenarnya hampir mirip dengan akun virtual. Hanya saja pada kartu BPJS, ada angka dua digit tambahan. Sedangkan akun virtual, dua digit nomor ini dihapus sehingga hanya 11 digit. Untuk memeriksa nomor kesehatan BPJS, Alovers dapat mencoba 2 cara berikut: Pusat Perawatan Kontak Kesehatan BPJS Alih-alih aloul harus repot-repot datang ke kantor kesehatan BPJS, lebih baik menggunakan layanan Care Center di nomor 1500-400 yang beroperasi 24 jam untuk memeriksa nomor BPJS. Petugas BPJS akan meminta data Anda terlebih dahulu ketika proses verifikasi dilakukan. Kemudian nomor kesehatan BPJS diberikan. Gunakan Kartu Kesehatan BPJS yang dimiliki oleh anggota keluarga Selain itu, Alovers juga dapat menggunakan kartu kesehatan BPJS milik anggota keluarga yang juga terdaftar pada kartu keluarga (KK) sama dengan Anda. Kemudian memasuki halaman memeriksa BPJS dan masuk dengan nomor kesehatan BPJS milik anggota keluarga Alovers. Kemudian sistem akan secara otomatis menampilkan anggota BPJS dari anggota kesehatan anggota keluarga lain seiring dengan jumlah tagihan yang harus dibayar. Cara Memeriksa Bill Kesehatan BPJS Setelah terdaftar secara resmi sebagai anggota Health BPJS, tentu saja ada sejumlah tagihan setiap bulan yang harus dibayar. Angka itu sendiri tergantung pada jenis layanan yang digunakan alovers. Sehingga alover dengan mudah mengetahui jumlah tagihan yang diterima, berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa tagihan kesehatan BPJS yang dapat digunakan. 1. Cara Memeriksa Tagihan BPJS Online Opsi pertama untuk memeriksa BPJS BPJS BPJS termudah adalah untuk mengunjungi situs web resmi, https://bpjs-kesesehatan.go.id/bpjs/ Metode ini sangat tepat untuk dilakukan oleh pelanggan yang diklasifikasikan sebagai aktif dalam penggunaan internet. Setelah alovers buka situs web, ikuti langkah-langkah ini: Pilih menu Periksa Kontribusi Kesehatan BPJS di sisi kanan halaman utama. Kemudian isi sejumlah data mulai dari nomor kartu BPJS kesehatan (13 digit), tanggal lahir, hingga nomor validasi dicetak pada gambar pada halaman. Kemudian klik ‘centang’ dan detail jumlah tagihan akan muncul di layar. 2. Bagaimana cara memeriksa jumlah tagihan melalui JKN seluler Selain melalui situs web, cara memeriksa tagihan kesehatan BPJS dan BPJS juga menyiapkan cara memeriksa jumlah tagihan BPJS kesehatan lainnya, yaitu aplikasi seluler JKN. Aplikasi ini dapat dimiliki oleh siapa saja, pengguna Android dan iPhone. Ingin tahu cara memeriksa jumlah tagihan kesehatan BPJS melalui JKN Mobile? Ikuti langkah-langkah di bawah ini: Instal aplikasi seluler JKN dari ponsel, baik melalui Google Play Store atau App Store. Kemudian buka aplikasi dan daftarkan terlebih dahulu untuk memiliki akun baru. Masuk dengan akun JKN yang telah dimiliki. Klik menu tagihan, lalu pilih premium. Masukkan nomor kartu kesehatan BPJS dan kemudian informasi pembayaran tagihan akan tercantum di layar ponsel. 3. Cara Memeriksa Jumlah Tagihan melalui Mesin ATM Biasanya di sekitar area pusat perbelanjaan ada mesin ATM. Nah, alover dapat menggunakannya untuk memeriksa jumlah tagihan kesehatan BPJS. Tidak hanya memeriksa tagihan, pada mesin ATM, alovers semua dapat membayar biaya BPJS. Karena cara memeriksa tagihan BPJS di mesin ATM hampir mirip dengan pembayaran tagihan. Langkah-langkah untuk memeriksa jumlah tagihan BPJS di mesin ATM meliputi: Masukkan kartu ATM ke dalam mesin dan ketikkan pin sebanyak 6 digit. Pilih menu “Transaksi Lainnya”, lalu klik menu “Pembayaran” dan pilih “Lainnya”. Kemudian pilih “BPJS” dan klik menu “BPJS Health”. Masukkan nomor peserta kesehatan BPJS atau nomor akun virtual yang diberikan saat mendaftarkan akun. Pilih menu “True” dan konfirmasikan pembayaran jika jumlah kontribusi dicetak pada mesin ATM dengan benar dengan memilih menu “Ya”. Selain informasi, hanya pengguna ATM BRI, BNI, Mandiri, dan BCA saja dapat memeriksa jumlah tagihan dan pembayaran kesehatan BPJS. 4. Cara Memeriksa Tagihan Periksa Bill BPJS Kesehatan melalui SMS GateAway Jika Alovers tidak mau repot dengan pergi ke mesin ATM atau harus mengakses Internet, lalu bagaimana memeriksa BPJS pekerjaan dan tagihan kesehatan melalui SMS GateAway juga dapat diandalkan. Untuk menggunakan layanan SMS GateAway, cukup ketik pesan dengan bpjs nomor kartu kesehatan kemudian kirim ke nomor 087775500400. Melalui SMS GateAway juga, jumlahnya dapat di-alover untuk memeriksa informasi tentang data partisipasi kesehatan BPJS. Alover dapat menggunakan tiga nomor identitas yang dimiliki, termasuk nomor kartu ID (NIK), nomor kartu BPJS (NOKA), dan nomor induk karyawan (NIP). Apakah Anda ingin tahu cara memeriksa tagihan kesehatan BPJS terbaru? Jangan khawatir, sekarang Anda tidak perlu lagi mengunjungi tempat tertentu untuk memeriksa tagihan BPJS. Saat ini, media online tersedia, platform aplikasi dan web yang membuat Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor BPJS atau ke bank hanya untuk mengetahui jumlah kontribusi keuangan BPJS Anda (kontribusi asuransi kesehatan), untuk melakukan layanan Seperti membayar tagihan BPJS secara online. Untuk memeriksa BPJS kesehatan Anda, Anda cukup mengunjungi situs-situs berikut melalui gadget: 1. Periksa tagihan BPJS melalui situs web resmi BPJS BPJS menyediakan saluran online resmi untuk peserta yang ingin memeriksa tagihan keanggotaan. Silakan (1) Kunjungi situs web resmi BPJS, (2) lalu pilih menu “Periksa Kontribusi”. Pada menu, Anda akan diminta untuk (3) mengisi data seperti nomor kartu, tanggal lahir, dan nomor validasi (CAPTCHA). Setelah menyelesaikan data, (4) Klik “Periksa”. Seketika, (5) Rincian jumlah tagihan Anda akan muncul di layar, lengkap dengan pembayaran yang telah dibuat. (6) Informasi tambahan, jika Anda belum mendaftar sebagai peserta kesehatan BPJS, Anda dapat mendaftar di situs ini. Anda dapat melihat langkah-langkah pendaftaran pada halaman persyaratan dan cara mendaftarkan kesehatan BPJS. 2. Periksa tagihan BPJS melalui aplikasi seluler JKN BPJS Health memiliki aplikasi khusus untuk ponsel pintar dengan sistem operasi Android dan iOS. Aplikasi ini gratis untuk Anda unduh di Play Store atau App Store. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengakses informasi tentang anggota kesehatan BPJS di satu tempat, termasuk memeriksa tagihan. Sebelum menggunakan fitur “periksa tagihan”, (1) Pastikan Anda telah mendaftar sebagai pengguna seluler JKN, (2) lalu masukkan akun Anda, dengan pengguna dan kata sandi yang sebelumnya terdaftar. Setelah memasuki akun, (3) Pilih menu “Premium” yang akan segera menampilkan jumlah Bill Kesehatan BPJS Anda. 3. Periksa tagihan kesehatan BPJS melalui situs / aplikasi yang menyediakan tagihan online resmi Saat ini, banyak situs di Internet menyediakan layanan pembayaran BPJS Bill. Anda hanya perlu mengunjungi situs tepercaya (salah satunya adalah Traveloka), pilih menu yang tersedia, lalu masukkan data yang diminta untuk memeriksa tagihan. Data utama yang diminta biasanya nomor VA dan total bulan yang harus dibayar. Salah satu situs penyedia pembayaran kesehatan BPJS yang menawarkan biaya administrasi termurah adalah Traveloka. Untuk peserta kesehatan BPJS, memeriksa status kartu Anda sangat penting. Jangan sampai saat dibutuhkan, kartu Anda ternyata tidak aktif. Saat ini kesehatan BPJS telah memudahkan status atau kontribusi berikut. Cara Memperiksa Status Kartu Kesehatan BPJS Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa status kesehatan BPJS. Anda hanya memilih yang terbaik sesuai dengan kemauan dan kemampuan pribadi. 1. Situs Web Setelah mendaftar, kartu akan aktif dalam 14 hari. Untuk memastikannya, ikuti langkah-langkah ini dengan mengakses situs web BPJS kesehatan. Masukkan halaman informasihttps: //daftar.bpjs-kesesehatan.go.id/bpjs-checking/ Masukkan nomor kartu BPJS, tanggal lahir, dan konten validasi. Kemudian, klik Periksa untuk melihat informasi tentang status kartu. Maka akan ada semua informasi tentang akun Anda, mulai dari nama, jumlah peserta, status akun peserta, dan jumlah anggota keluarga. 2. SMS. Melalui juga SMS, peserta dapat langsung mengetahui status kartu dan informasi lainnya tentang kesehatan BPJS. Mudah, cukup teks dengan format di bawah ini: NIK Nomor Populasi (NIK 354563291000xxxx), atau NOKA Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA 0001570979xxx), atau NIP Nomor Orang Induk Karyawan (NIP 1929999234999230xxx) Kemudian, kirim SMS ke nomor layanan BPJS 08777-5500-400. 3. Telepon Anda juga dapat melakukan panggilan telepon ke Pusat Panggilan Kesehatan BPJS di nomor 1500400 untuk menanyakan status aktivasi kartu. Sebelum menelepon, siapkan kartu identitas dan kartu BPJS kesehatan yang biasanya ditanyakan oleh admin. Cara Memperiksa Status Kontribusi Kartu Kesehatan BPJS Setelah memastikan kartu keanggotaan kesehatan BPJS Anda aktif, periksa jumlah kontribusi BPJS atau jumlah tagihan yang harus dibayar. Karena sedemikian rupa sehingga kartu BPJS kesehatan Anda dapat terus aktif, Anda perlu melakukan pembayaran tagihan setiap bulan. Fasilitas kesehatan tidak dapat memproses kartu yang masih memiliki tunggakan pembayaran. Lebih detail, Anda melakukan cara untuk mengetahui status pembayaran kesehatan BPJS kontribusi di bawah ini: 1. Situs Web Metode ini dapat dilakukan pada situs web resmi BPJS (https://bpjs-kesesehatan.go.id/bpjs/) melalui langkah-langkah berikut: Kunjungi halaman BPJS-KESEHATAN.GO.ID kemudian klik menu Periksa Awalnya. Masukkan data yang diminta ke kotak yang tersedia, mulai dari nomor kartu, tanggal lahir, dan nomor validasi. Kemudian klik periksa. Rincian pembayaran akan muncul di layar. 2. SMS. Untuk mengetahui kontribusi Kesehatan BPJS, Anda dapat mengirim SMS dengan format SMS ini: Bill Nomor Kartu Kesehatan BPJS, kemudian kirim ke 08777555400 (Contoh: Bill 0001260945809). Untuk mengetahui format penulisan pesan pada SMS Gateway Services BPJS Health, Anda mengetik Bantuan dan mengirim ke 087775500400. 3. Aplikasi Salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk memeriksa kontribusi BPJS adalah dengan aplikasi seluler JKN yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Begini caranya: Unduh dan instal aplikasi seluler JKN untuk mereka yang tidak memilikinya. Buka aplikasi lalu masuk. Di halaman berikutnya, ketuk tagihan. Untuk melihat detail informasi tagihan, ketuk premium. Selain memeriksa kontribusi kesehatan BPJS, aplikasi seluler JKN memiliki berbagai fitur terkait. Mulai dari lokasi fasilitas kesehatan terdekat, periksa nomor akun virtual, pendaftaran PBPU, dan banyak lagi.

Semoga dengan informasi di atas terkait cara mengecek saldo bpjs mulai dari menggunakan aplikasi BPJS TKU, cek saldo bpjs dengan SMS, secara online dan melalui ATM BNI dapat membantu anda perihal terkait BPJS yang anda punya, silahkan anda share informasi ini kepada teman anda yang membutuhkan – ponselharian.com

Wanita yang hobi menulis dan juga sekarang memiliki konten youtube ASMR kalian bisa kunjungi aku disini

You May Also Like

error: Content is protected !!